Program Pemerintah untuk Mendanai Usaha Kamu

Program Pemerintah untuk Mendanai Usaha Kamu

Merangkum dari berbagai sumber, pemerintah secara khusus membuat beberapa program untuk mengembangkan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) demi bertumbuhnya perekonomian Indonesia. Pemerintah menganggap penting sektor UMKM terlihat dari data terkini tentang proporsi biaya yang dialokasikan untuk menangani dampak ekonomi akibat Covid-19 pada sektor tersebut sebesar Rp 123,46 triliun.

Proporsi biaya yang dianggarkan untuk UMKM bahkan menempati urutan kedua setelah dana sebesar Rp 203,9 triliun yang dialokasikan untuk perlindungan sosial. Biaya dukungan untuk UMKM juga jauh lebih besar daripada biaya yang dianggarkan untuk korporasi dengan jatah Rp 53,57 triliun. Alokasi dana dalam jumlah besar bukan tanpa alasan, pemerintah memberi dukungan secara masif pada sektor UMKM karena besarnya potensi dan kontribusi sektor tersebut bagi perekonomian Indonesia.

Dari data yang berhasil dikumpulkan UMKM memiliki beberapa peran penting, yakni mampu menyerap hingga 117 juta pekerja (2018), menyumbang 61,07% Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2018, menyerap kredit Rp 1.1015 triliun (Juni 2018), dan mampu bertahan dalam krisis ekonomi.

Salah satu bisnis UMKM di bidang fashion yang sudah melanglang buana di pasar internasional adalah Schmiley Mo yang milik Diah Rikasari yang juga seorang fashion blogger. Sesuai dengan namanya, Schmiley Mo memiliki arti selalu tersenyum dan Mo diambil dari kata modest. Nuansa desain yang dihadirkan pada setiap rancangannya juga ceria.

Sumber: Kinkybluefairy.net

Schmiley Mo diperkenalkan pada pertengahan tahun 2016. Meskipun ia juga pernah memiliki bisnis sebelumnya, namun Schmiley Mo memiliki tantangannya sendiri. Skala produksi yang cukup besar, dengan jumlah mencapai 40-50 pieces untuk setiap koleksinya adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi. Hal tersebut tentunya membutuhkan sumber daya yang lebih banyak. Diana terus meningkatkan visi bisnisnya supaya loyalitas para pekerja tetap terjaga.

Perjalanan yang tidak bisa dibilang mudah terbayar dengan sederet prestasi yang berhasil diraih. Salah satunya koleksi Schmiley Mo dipamerkan di Pure London, Olympia. Oleh karenanya nama mereka sudah dikenal di Inggris, London.

Jadi, sudah siap untuk membuka UMKM yang mendunia?

Bergabunglah dengan aplikasi Konglomerator.com, kamu pasti sukses

Penulis : NCP/Tim Konglomerator.com

Sumber Gambar: Indonesia.go.id

Sumber: https://goukm.id/ | https://editorial.femaledaily.com/ |

Artikel UMKM Pengusaha muda Calon Pengusaha Usaha Kreatif Toko online Konglo