Manfaat Pembukuan yang Jelas untuk Para Calon Konglo!

Manfaat Pembukuan yang Jelas untuk Para Calon Konglo!

Membuka usaha bukan sekadar mengeluarkan modal lalu melakukan transaksi dan untung. Sebagai calon konglo kite juga harus membuat pembukuan yang terperinci supaya pemasukan dan pengeluaran dapat terawasi. Membuat pembukuan ternyata jadi salah satu penunjang keberhasilan perusahaan!

Melansir dari berbagai sumber hal yang penting untuk dicatat dalam pembukuan antara lain modal, biaya dan penghasilan, kewajiban, dan sebagainya. Pembukuan ini selanjutnya bisa menjadi laporan keuangan. Pembukuan juga penting dilakukan untuk menghindari tercampurnya keuangan pribadi dengan perusahaan yang nantinya malah bikin calon konglo bingung.

Selain berguna untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran secara jelas serta mencegah risiko tercampurnya keuangan perusahaan dan pribadi, membuat pembukuan punya manfaat lainnya. Adanya pembukuan dapat mempermudah penentuan besaran pajak yang dibayar. Enggak cuma itu, disiplin membuat pembukuan yang terperinci juga dapat dijadikan pisau analisis bagi manajemen dan kinerja perusahaan.



Jangan salah, kalau calon konglo mau kerja sama dengan investor juga perlu pembukuan loh! Calon investor biasanya meminta laporan kinerja perusahaan untuk mengukur nilai investasinya. Mereka akan lebih percaya kalau kite mahir mengelola keuangan seacara teratur. Pembukuan juga bikin investor membuat keputusan yang lebih baik.

Enggak cuma investor, kalau kite sewaktu-waktu membutuhkan pinjaman dari bank supaya lebih mudah dan cepat pihak bank akan meninjau pembukuan yang telah dibuat dengan jelas. Bank akan menilai apakah perusahaan kite layak untuk mendapatkan pinjaman atau sebaliknya.

Jadi pembukuan memang hal yang wajib dilakukan supaya keuangan perusahaan kite terdata dengan jelas dan mempermudah untuk bekerja sama dengan pihak eksternal. Walaupun usahanya masih kecil atau skala mikro tetap penting untuk melakukan pembukuan.

Seiring berkembangnya teknologi saat ini banyak software yang memudahkan para pengusaha dari berbagai skala untuk melakukan pembukuan. Kite tinggal menyesuaikan dengan kemampuan dalam mengelolanya, mau yang konvensional dengan dicatat di buku boleh, mau pakai software juga bukan masalah. Konglomerator.com percaya setiap orang bisa jadi tajir melintir dengan caranya masing-masing.

Penulis : NCP/Tim Konglomerator.com

Sumber: Jurnal.id | Accurate.id

Gambar : www.freepik.com

Calon konglo Usaha Investor UMKM Tajir melintir Passion Motivasi Tekun