Menjaga Hubungan Baik dengan Mitra Bisnis

Menjaga Hubungan Baik dengan Mitra Bisnis

Manusia adalah makhluk sosial yang akan selalu berinteraksi dan membutuhkan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya. Begitupun dalam dunia bisnis, supaya semakin berkembang kita harus memiliki partner atau mitra bisnis.

Kementerian Koperasi dan UMKM pun memiliki program dalam hal tersebut yakni pemberdayaan KUMKM dengan model bisnis kemitraan antara KUMKM berbasis komoditas/produk dengan usaha besar. Harapannya, kemitraan yang diwujudkan adalah kemitraan yang sehat, saling menguntungkan, membutuhkan, dan saling memperkuat, sehingga menjadi kemitraan yang berkesinambungan.

Melansir dari depkop.go.id, Abdul Hakim Pasaribu selaku Direktur Advokasi Persaingan dan Kemitraan KPPU mengatakan bahwa kemitraan merupakan salah satu ruang pemberdayaan bagi UMKM dengan melibatkan usaha besar. Ia juga menegaskan kemitraan harus dengan prinsip saling membutuhkan sehingga tidak ada yang merasa dipaksa dalam menjalin kemitraan tersebut. Oleh karena prinsip tersebut diharapkan perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam suatu kemitraan bisa saling menguatkan dan melengkapi.

Konglomerator.com memiliki beberapa tips yang bisa teman-teman penga, konglo, bahkan sampai juragan gunakan supaya kemitraan bisnis berjalan dengan mulus dan menuai target yang diharapkan. Simak tips nya supaya jadi tajir melintir!



  • Menjalin Mitra Bisnis yang Mampu Melengkapi Kekurangan

Dalam memulai usaha, pastikan kamu telah mengidentifikasikan kekuatan atau kelemahan yang dimiliki. Lalu pastikan bahwa kamu memilih rekan bisnis yang dapat mengisi kekurangan tersebut. Menjalin kerja sama dengan orang yang memiliki keahlian berbeda dari kita tentunya akan membuat bisnis semakin kuat karena mampu melengkapi dan menguntungkan satu sama lain.


  • Menyepakati Tujuan Jangka Panjang Bersama

Kita harus mengawali hubungan mitra bisnis dengan merancang kesepakatan terkait visi perusahaan. Pastikan bisnis memiliki tujuan jangka panjang yang dibuat dan disepakati bersama. Hal tersebut menjadi penting supaya rekan bisnis memiliki tujuan ke arah yang sama, sebab target atau pencapaian bisnis akan lebih mudah diraih jika orang-orang di dalamnya bekerja dengan kompak.



  • Menjalankan Peran Masing-masing

Setiap orang memiliki peran yang berbeda sesuai dengan kesepakatan. Oleh karena itu penting untuk menyadari apa saja tanggung jawab yang dimiliki berkomitmen dalam menjalankannya. Diharapkan tidak ada pihak yang coba mengambil alih tugas, melakukan semuanya sendiri, hingga ketimpangan beban tugas.


  • Membangun Komunikasi yang Intens

Menjaga komunikasi dan keterbukaan menjadi salah satu kunci dalam segala kondisi saat bermitra bisnis supaya tidak terjadi kesalahpahaman antar pihak. Apalagi bila sedang dilanda masalah, membicarakan secara terbuka dengan mitra bisnis dapat menciptakan solusi terbaik.


Penulis : NCP/Tim Konglomerator.com

Sumber: http://www.depkop.go.id/ | https://entrepreneurcamp.id/partner-bisnis/

Gambar :www.freepik.com

Mitra Barang Jasa Investor Bisnis UMKM Partner Team Komunikasi