Yang Muda Yang Berwirausaha

Yang Muda Yang Berwirausaha

Indonesia akan mengalami kondisi bonus demografi pada 2030-2040. Bonus demografi merupakan kondisi di mana jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) jauh lebih besar dibanding usia non-produktif (65 tahun ke atas), dengan proporsi lebih dari 60% dari total jumlah penduduk Indonesia (data dari Badan Pusat Statistik).

Momen tersebut membawa banyak peluang, salah satunya untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi. Dalam hal ini, pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama untuk mewujudkannya. Berwirausaha menjadi salah satu jawabannya. Menurut Ekonom Indef, Bhima Yudistira, saat ini masih belum banyak anak muda yang ingin menjadi wirausahawan dan perlu menjadi fokus dari kebijakan pemerintah dari berbagai pihak terkait.

Sudah banyak pemuda bangsa yang menjadi wirausaha yang patut diapresiasi dan dijadikan contoh. Mereka telah berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Mereka menciptakan perusahaan start up dari berbagai sektor. Ada yang dari sektor e-commerce, fintech, food and beverage, hingga aplikasi layanan kesehatan. Konglomerator.com akan membahasanya!


  • Men’s Republic oleh Yasa Paramita Singgih


Men’s Republic adalah merupakan salah satu local brand fashion, khususnya sepatu untuk pria yang memiliki e-commerce nya sendiri. Brand ini tercipta dari kegelisahan seorang pemuda bernama Yasa Paramita Singgih yang lahir pada 23 April 1995, terkait banyaknya brand fashion yang melakukan mark up harga yang terlalu tinggi sehingga menjadi tidak terjangkau.


  • Modalku oleh Reynold Irsian Wijaya



Modalku adalah pionir layanan peer-to-peer lending berbasis teknologi finansial di Indonesia. Modalku menghubungkan UMKM berpotensi dan pendana untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dan membentuk dunia keuangan yang lebih inklusif. Perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa dan perdagangan ini didirikan oleh pemuda kelahiran 27 November 1988.


  • Puyo Desserts oleh Adrian Agus dan Eugenie Patricia Agus


Siapa yang tidak mengenal hidangan dessert berupa pudding beraneka rasa dan warna yang menarik? Puyo tercipta dari tangan kakak beradik, Adrian Agus (28) dan Eugenie Patricia Agus (26) pada Juli 2013. Mereka berdua bereksperimen menggunakan bahan-bahan berkualitas sehingga terciptalah dua jenis produk yakni silky desserts dan silky drinks. Berkat kegigihan dan kerja keras, saat ini Puyo Dessert telah membuka lebih dari 40 outlet di daerah Jakarta, Karawang, dan Bandung.


  • Redblood oleh Leonika Sari Njoto


Kamu suka donor darah? Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk melakukan penjadwalan di klinik terdekat. Redblood membangun teknologi yang mempermudah akses terhadap informasi terkait donor darah, mulai dari penjadwalan ke klinik, informasi event yang mengadakan fasilitas donor darah, hingga artikel kesehatan seputar donor darah.




Penulis : NCP/Tim Konglomerator.com

Sumber: https://www.cermati.com/|https://www.mensrepublic.id/| https://modalku.co.id/ | https://www.puyodesserts.com | https://reblood.com/.

Gambar : www.freepik.com




Berusaha Niat Visioner Rajin Ulet Tekun Ikhtiar dan berdoa e-commerce star-up