Milenial Jangan Cepat Putus Asa, Sukses Is Yours!

Milenial Jangan Cepat Putus Asa, Sukses Is Yours!

Dalam mencapai sebuah keberhasilan pastinya membutuhkan usaha dan proses. Konglomerator.com percaya bahwa setiap orang punya hak untuk meraih keberhasilan, seperti berhasil dalam menjalankan bisnisnya.

Menjadi pengusaha sukses bukan hanya membantu diri sendiri untuk bertahan hidup, tapi juga membuka lapangan pekerjaan, memberdayakan orang, penyokong perekonomian melalui pajak, hingga mengurangi kesenjangan ekonomi dengan meningkatkan kesejahteraan banyak orang. Hal tersebut diungkapkan oleh Putri Tanjung selaku CEO dan Founder Creativepreneur Event Creator yang juga menjadi salah satu Staf Khusus Presiden.

Jumlah rasio entrepreneur atau pengusaha di dalam negeri masih rendah, yakni sekitar 3,1% dari total populasi penduduk Indonesia. Melansir dari data Kementerian Perindustrian, apabila dihitung dengan populasi penduduk Indonesia sekitar 260 juta jiwa, jumlah pengusaha nasional baru mencapai 8,06 juta jiwa.

Kita perlu meningkatkan peresentase rasio tersebut untuk memperkuat struktur ekonomi ke depannya. Jika melihat dari pencapaian negara-negara tetangga kita di ASEAN. Seperti, Singapura yang saat ini telah mencapai angka 7% dan Malaysia yang berada pada level 5% dari total masing-masing populasi penduduknya.

Putri Tanjung juga mengungkapkan bahwa kegagalan adalah sahabatnya pengusaha, tapi dengan menentukan dan mengingat tujuan atau target yang ingin dicapai maka akan termotivasi untuk bangkit. Menurut pengamatan Putri, selama ini banyak generasi milenial yang menikmati sesuatu yang instan dan cepat, namun ia menekankan bahwa menjadi pengusaha sukses membutuhkan proses dan kegigihan.

“Jadi kalau gagal jangan putus asa. Kebanyakan dari kita enggak sabaran. Jangan sampai kita gagal di hal yang sama ke depan,” imbuh Putri Tanjung. Menurutnya masa pandemi seperti saat ini menjadi waktu yang tepat untuk banting setir menjadi pengusaha.

Melihat dari meningkatnya home industry dan jumlah entrepreneur, pandemi mendorong kita untuk jadi lebih kreatif dan inovatif. Putri Tanjung juga menekankan bahwa tidak ada racikan baku untuk meraih kesuksesan, yang terpenting adalah mengikuti passion di satu bidang yang akan dijalani, dan tentukan tujuan yang mau dicapai supaya terdorong untuk sukses.

Selain Putri Tanjung, salah satu konten kreator ternama Arief Muhammad juga membagikan tips untuk memulai bisnis UMKM. Sebelum mulai berbisnis, ia menyarankan untuk mempelajari dan melakukan strategi pemasaran online. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan menjalankan iklan di Facebook, membuat video promosi di YouTube, melakukan endorsement dengan selebgram untuk mempromosikan produk kita.

Lalu menjalin interaksi dengan para pelanggan di sosial media dengan membalas komentar dengan cepat, meminta testimony, hingga sekadar menyapa. Selalu membuka kesempatan bermitra dengan dengan pihak lain, dengan Konglomerator.com kita bisa bermitra dengan para penjual lainnya. Jadi tidak perlu ragu untuk menjadi pengusaha sukses! Konglomerator.com siap membantu!



Penulis : NCP/Tim Konglomerator.com

Sumber: detik.com | cnbcindonesia.com

Gambar : Pixabay.com