Tidak Perlu Takut Memasuki Dunia Kerja!

Tidak Perlu Takut Memasuki Dunia Kerja!

Katanya, dunia kerja akan penuh dengan intrik dan ‘politik’. Pernyataan yang tidak sepenuhnya benar tersebut terkadang membuat para lulusan baru atau para penga menjadi ragu untuk segera mencari pekerjaan dengan dalih belum siap. Sayangnya, hal tersebut secara lambat laun akan membawa dampak buruk. Salah satunya menambah angka penga (pengangguran/pencari kerja).

Justru melalui dunia kerja kita bisa menerapkan ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan. Selain itu, dengan bekerja, soft skill yang kita miliki secara langsung dapat terasah. Jadi jangan takut untuk bekerja. Beberapa tips yang bisa dipelajari para penga agar pandai membawa diri di lingkungan pekerjaan akan dibahas di bawah ini.

Bersikap profesional dan disiplin, bisa dimulai dari hal sederhana seperti tidak terlambat masuk kerja atau terlambat menepati janji bertemu dengan rekan bisnis. Apresiatif, jangan pelit untuk memberi pujian ketika ada rekan kerja yang berprestasi atau bahkan sekadar untuk memuji busana yang dikenakannya. Hal tersebut sama sekali tidak menurunkan harga diri kamu, lakukan dengan tulus dan rasakan energi positif yang didapat setelahnya.



Tersenyum, meski terkesan sangat sederhana namun ternyata efeknya cukup besar baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Meskipun kita sudah jadi konglo, juragan, bahkan tajir melintir, kita harus mengingat bahwa karyawan adalah rekan kerja yang turut berjasa memajukan usaha.

Memberi masukan, solusi, dan dukungan kepada segenap tim kerja ketika suatu proyek tidak berjalan sesuai target, karena kekompakkan dan kerja sama tim pasti akan membawa hasil yang lebih baik pada waktu yang akan datang.

Kerja tim yang efektif juga ditunjang oleh komunikasi yang efektif. Kontribusi yang optimal sebagai tim member juga dipengaruhi sense of belonging dan rasa solidaritas. Semua hal tersebut sangat mempengaruhi pencapaian visi dan misi yang menjadi tujuan bersama.

Beberapa riset menunjukkan bahwa karyawan yang menghasilkan kualitas pekerjaan yang tinggi dengan pencapaian target yang maksimal cenderung memiliki etika kerja yang kuat. Selama kita disiplin memegang etika kerja maka hasil yang maksimal akan didapat dan diterima oleh lingkungan.



Penulis : NCP/Tim Konglomerator.com

Sumber : https://swa.co.id/ |Buku berjudul “Soft Skill for Success: The Good Atitude for Success in Life and Career”

Gambar : www.freepik.com

Pencari Kerja Loker Jobs Tajir melintir Juragan Konglo