Tetap Produktif Walau Pensiunan

Tetap Produktif Walau Pensiunan

Bila kita seorang karyawan atau pegawai pada suatu perusahaan, memasuki usia 65 tahun kita harus bersiap untuk menghadapi masa pensiun. Pada awalnya tentu rasa jenuh dan bingung akan menyerang, terlebih kita telah terbiasa dengan rutinitas pekerjaan yang dijalani selama bertahun-tahun. Namun bukan berarti kita tidak punya pilihan lain, kita masih bisa memilih jalan untuk tetap berkarya dan produktif. Bagaimana caranya? Konglomerator.com akan mengulasnya.

Mencoba membuka bisnis sendiri. Ahmad Ghozali yang merupakan Perencana Keuangan dari Zelts Consulting mengatakan terdapat dua cara untuk tetap produktif secara finansial setelah pensiun, salah satunya dengan menjalankan bisnis sendiri. Akan tetapi bila ingin menciptakan bisnis persiapan dari segi waktunya cukup panjang. Setidaknya 5-10 tahun sebelum pensiun.



Bisnis yang bisa dicoba salah satunya adalah bisnis properti. Salah satu alasannya karena dana tunjangan pensiun yang didapatkan cukup besar, sesuai dengan modal yang dibutuhkan pada bisnis ini. Untuk mengawalinya bisa dengan menyediakan rumah sewa kontrakan atau indekos. Tempatkan di lokasi yang tepat atau strategis seperti dekat dengan kampus, sekolah, perkantoran, dan pabrik.



Selain bisnis properti, salah satu bisnis yang menggiurkan untuk dicoba adalah bisnis rental atau persewaan. Kelola dana pensiun secara efisien, salah satunya digunakan untuk membeli alat-alat sewa atau rental. Usaha rental mobil atau taksi online patut dicoba, atau rental barang-barang keperluan acara seperti sound system hingga tenda masih memiliki pasarnya sendiri.

Tidak usah hilang semangat bila Anda merasa tidak cukup ilmu dan pengalaman untuk membuka usaha sendiri, bisnis waralaba bisa menjadi pilihan lainnya. Membeli bisnis franchise waralaba memang lebih rendah risiko operasional karena dikelola oleh pihak franchise, namun modal yang disiapkan terkadang justru lebih besar. Orang yang terbiasa bekerja dengan jadwal dan penghasilan rutin akan sedikit terkejut dengan model bisnis tersebut karena penghasilan dan jadwalnya tidak pasti bahkan terkadang tidak sesuai dengan jam kerja. Oleh karena itu kita perlu siap mental terlebih dahulu.

Kedua opsi di atas patut dicoba, namun sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan kamu. Konglomerator.com siap membantu untuk memasarkan produk hingga mencarikan mitra bisnis yang sesuai untuk kamu. Penasaran? Kunjungi website kami segera! Atau cari di playstore.



Penulis : NCP/Tim Konglomerator.com

Sumber : https://money.kompas.com/ | https://centrausaha.com/ | Konglomerator.com

Gambar : www.freepik.com

Business Solution Tajir melinjir Juragan Konglomerat