Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Calon Pengusaha Sukses!

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Calon Pengusaha Sukses!

Membuat perencanaan untuk jangka panjang memang diperlukan, termasuk dalam memutuskan karier yang hendak dijalani. Menentukan arah karier bisa dimulai dengan memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan passion dan minat kita. Jika kita merasa jadi pengusaha adalah pilihan karier yang tepat, ada beberapa jurusan kuliah yang bisa menjadi pilihan tepat.Konglomerator.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, di antaranya:

Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Jurusan teknologi informasi akan semakin diminati, sebab bisnis berbasis teknologi dapat memiliki potensi untuk berkembang pesat di era revolusi industri 4.0. Dengan pengetahuan dan kemampuan dalam mengembangkan software, lulusan TI bisa membuat aplikasi hingga mendirikan start up. Sebanyak 6 dari 100 miliarder terkaya memilih Ilmu Komputer. Salah satunya Co-founder Google, Sergey Brin adalah miliarder yang menempuh pendidikan di jurusan ini.

Manajemen Bisnis

Dari namanya saja tidak usah diragukan lagi kalau jurusan ini bisa menjadi pilihan yang sesuai jika kita ingin berkarir menjadi pengusaha. Di jurusan ini kita akan belajar tentang bisnis dan kewirausahaan, seperti strategi pemasaran hingga pengelolaan keuangan agar laba dan nilai perusahaan meningkat. Sebanyak 38 dari 100 miliarder terbaik mempelajari subjek ini. Menurut Complete University Guide (CUG) kampus terbaik untuk mempelajari subjek tersebut adalah Bath, St Andrews, LSE, Warwick dan Loughborough.



Ilmu Hukum

Pendapatan orang yang bekerja di bidang hukum memang kompetitif. Tapi jika setelah sarjana dilanjutkan dengan mengambil spesialisasi serta mendapatkan izin, lulusan hukum dapat menjadi notaris independen. Bahkan bukan tidak mungkin bisa membuka praktik di bidang hukum. Jurusan ini dapat diambil penuh waktu atau sebagai program konversi. Sebanyak 15 dari 100 miliarder mengambil gelar ini.

Teknik

Siapa bilang kalau lulusan teknik sulit dapat pekerjaan, tidak hanya jadi pekerja tapi lulusan teknik juga bisa menjadi pengusaha. Seperti lulusan teknik mesin yang dapat mendirikan usaha bidang jasa servis mesin atau membuka usaha konsultan di bidang teknik. Jurusan teknik juga memiliki bidang yang beragam termasuk bahan kimia, listrik, ataupun teknik sipil. Bahkan teknik menjadi jurusan yang paling diminati miliarder. Ada 48 dari 100 miliarder terbaik yang mengambil jurusan teknik.

Penulis : NCP/ Tim Konglomerator.com

Sumbe : liputan6.com/ | edukasi.kompas.com/

Gambar : Pixabay,