Asah Skill Enterpreneur dengan Kelas dari Pemerintah, Gratis!

Asah Skill Enterpreneur dengan Kelas dari Pemerintah, Gratis!

Punya usaha kecil-kecilan tapi merasa bisnisnya ‘jalan di tempat’ karena tidak punya latar belakang pendidikan yang sesuai ataupun skill yang mendukung? Konglomerator.com yakin bahwa menjadi konglomerat adalah hak semua orang selama mau berusaha dan terus berproses. Jadi jangan ragu ataupun minder kalau ingin menjadi pengusaha sukses meski latar pendidikan dan skill belum sejalan.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, seperti melakukan riset dengan membaca banyak kisah sukses seorang pengusaha dan meneladani perjuangannya. Namun itu saja tentu tidak cukup. Saat ini ada banyak kelas online hingga offline yang bisa kita ikuti untuk mengasah skill entrepreneur.

Bahkan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menyediakan berbagai informasi seputar program pendukung bagi UKM yang ingin mengembangkan usahanya. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki secara resmi meluncurkan pelatihan e-Learning SDM KUMKM di Jakarta pada 2020 lalu.

Teten mengatakan bahwa kementeriannya mempersiapkan pelatihan kewirausahaan, manajemen koperasi, kejuruan (vocational), dan standarisasi secara online di masa pandemi Covid-19. Ia melanjutkan, pelatihan online diisi dengan pengantar dari tutor dan motivator yang kompeten. Pelatihan ini juga mengusung konsep one stop service yang dapat diakses melalui website edukukm.id.


"Pelatihan ini dilengkapi dengan quiz sebagai indeks pengujian akhir, agar peserta dapat memperoleh Surat Keterangan online untuk dapat digunakan pada fasilitas lanjutan di Kementerian Koperasi dan UKM," jelas MenkopUKM Teten.

Setelah pelaku UMKM melakukan pelatihan, pihaknya akan menindaklanjuti dengan mencoba menghubungkan dengan akses pasar sesuai mekanisme yang ditentukan. Menteri Teten berharap pelayanan pendidikan dan pelatihan bagi koperasi dan UMKM menjadi semakin mudah diakses, murah, nyaman, dan berkualitas.

Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop dan UKM Arif Rahman Hakim mengatakan pelatihan online inibukan hanya dalam rangka merespon situasi Covid-19, namun memang sudah menjadi tupoksi kementerian untuk mengadakan pelatihan rutin dari tahun ke tahun. Pelatihan online ini ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang sudah memiliki usaha dan ingin mengembangkannya. Masih ragu untuk jadi pengusaha?

Penulis : NCP/ Tim Konglomerator.com

Sumber : /kemenkopukm.go.id/ | /www.ukmindonesia.id

Gambar : website ukmindonesia.id, Pixabay

UKM UMKM SKILL_UP