Sifat yang Harus Dimiliki Para Juragan Agar Punya Konsumen Loyal!

Sifat yang Harus Dimiliki Para Juragan Agar Punya Konsumen Loyal!

Ketika kita menjual suatu produk pasti inginnya laku dan disukai banyak orang. Selain karena kualitas dan harga yang sesuai, salah satu faktor yang menjaring para pembeli adalah sifat si penjual. Sebagai penjual kita perlu memahami karakter atau sifat diri sendiri. Mengapa hal tersebut menjadi penting? Karena dengan memahami sifat diri sendiri kita bisa lebih mudah memikat konsumen dan menjadikannya pelanggan setia.

Transaksi yang baik adalah ketika pedagang maupun pembeli sama-sama diuntungkan. Pembeli akan sangat menyukai dan menghargai penjual yang memperhatikan kebutuhan mereka. Lalu bagaimana cara memikat pembeli dan menjadi pelanggan setia? Jawabannya telah Konglomerator.com rangkum dari berbagai sumber.

  • Bersahabat atau Periang

Sebagai penjual kita harus menunjukkan sikap ramah. Selain ramah kita juga perlu memperlihatkan gesture tubuh yang menampilkan aura bersahabat. Pembeli juga menyukai sifat penjual yang periang. Kita bisa menumbuhkan sikap tersebut dengan berusaha untuk selalu berpikir positif, selalu optimis, dan banyak senyum sehingga saat menghadapi karakter konsumen yang merepotkan pun tidak masalah.

  • Jujur

Menjadi penjual yang jujur akan menjaring banyak pembeli. Usahakan untuk selalu jujur pada diri sendiri, orang lain, dan tujuan yang hendak dicapai. Niscaya kejujuran akan membawa berkah dalam setiap langkah usaha kita. Meski agak menyulitkan jika orientasi kita mengejar keuntungan semata. Dalam berbisnis yang terpenting bukan hanya meraup keuntungan tetapi luasnya relasi jauh lebih utama dalam membersarkan usaha. Sikap tidak jujur justru akan menjadi bumerang yang mengakibatkan bisnis menjadi stagnan.

  • Tanggap atau Fast Respon

Menjadi penjual juga harus tanggap atau gesit agar pembeli bisa terlayani dengan cepat dan efisien. Kalau dalam mengelola online shop kita juga harus fast respon jika ada pembeli yang bertanya. Hal tersebut membawa kepuasan dan menjadi penilaian tersendiri pada setiap konsumen yang berbelanja.



  • Menguasai barang dagangan

Sikap ini juga menjadi salah satu kunci utama memenangkan hati para pembeli. Semakin kita memahami dan menguasai produk yang dijual maka kita bisa lebih memahami kebutuhan pembeli. Pembeli yang merasa dipahami pasti akan kembali lagi. Memahami berbagai produk yang dijual secara tidak langsung memperlihatkan pada calon konsumen bahwa kita adalah pebisnis yang dapat dipercaya dan diandalkan.

  • Berinovasi

Sifat terakhir yang bisa meluluhkan hati konsumen untuk kembali membeli produk kita adalah senantiasa berinovasi. Sebagai penjual kita harus meng-upgrade diri agar pengetahuan dan wawasan semakin bertambah, sehingga dapat melakukan inovasi-inovasi untuk pengembangan bisnis agar selalu relevan dengan zaman.


Penulis : NCP/ Tim Konglomerator

Sumber : tokoview.com | roboguru.ruangguru.com

Gambar : Pixabay