Pengin Punya Usaha yang Modalnya Kecil? Simak Tips Berikut!

Pengin Punya Usaha yang Modalnya Kecil? Simak Tips Berikut!

Ada banyak cara untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Bisa dengan bekerja pada suatu perusahaan atau yang membuka lapangan pekerjaan. Menjadi pengusaha adalah keinginan banyak orang. Namun salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi sebelum memulai usaha adalah minimnya modal.

Melansir dari Kompas.com Founder & COO of PALA Nusantara Ilham Pinastiko mengatakan, sebenarnya kunci dari membuka usaha dengan modal kecil adalah kemauan dan bisa memanfaatkan platform digital dengan maksimal. Terlebih saat ini perilaku masyarakat telah berubah dalam berbelanja.

“Sekarang beli lampu misalnya, masyarakat berpikir pasti daripada harus ke toko atau ke mal mending lewat e-commerce saja. Barang dipesan sampai langsung ke rumah tanpa harus ke luar,” ujar Ilham. Apalagi saat pandemi yang masih berlangsung, sebagian orang mungkin memilih untuk tetap berada di rumah supaya aman.



Ilham mengatakan, menjadi dropshipper adalah salah satu pilihan yang sesuai kalau kita pengin jadi pengusaha tapi memiliki modal yang terbatas. Sebab, menurut Ilham, menjadi dropshipper tak perlu banyak waktu untuk mengurus pengemasan dan tidak perlu menjadi marketing.

“Ya sudah tinggal gabung di marketplace saja, jadi dropshipper itu gampang. Enggak perlu modal yang besar juga, hanya perlu kuota, jual sana-sini, dah dapat itu omzet,” jelas Ilham. Meski terlihat mudah, dia mengingatkan kalau memulai bisnis atau usaha harus berlandaskan keyakinan dalam diri, bukan sekadar coba-coba.

Senada dengan Ilham, melansir dari Kumparan.com, memulai konsep bisnis pada tahap distribusi cocok jadi pilihan karena membutuhkan dana yang lebih kecil. Membuka bisnis di tahap distribusi juga lebih simple karena kite tidak perlu menciptakan produk sendiri. Tugas utama kita cuma mendistribusikan barang-barang dari supplier kepada konsumen, dengan potensi pendapatan yang setara dengan supplier atau produsen.

Selain perubahan perilaku konsumen yang lebih memilih berbelanja online, para pelaku bisnis saat ini juga lebih memilih berkolaborasi dengan perusahaan atau orang lain. Jadi kita bisa memulai usaha dengan Affiliate bisnis. Affiliate bisnis adalah peluang atau usaha yang memotong 90% pekerjaan kite. Pekerjaan kite mencari trafik lewat link dari suatu toko yang kita sebarkan melalui sosial media.



Penulis : NCP/ Tim Konglomerator

Sumber : kumparan.com | money.kompas.com

Gambar : Pixabay, www.freepik.com

Tips usaha online toko online jajan online UMKM