Langkah Mempersiapkan Keuangan Pasca-pandemi, Penting!

Langkah Mempersiapkan Keuangan Pasca-pandemi, Penting!

Setelah hampir dua tahun Pandemi Covid-19 melanda, tentu kita selalu berharap suatu saat nanti keadaan bisa kembali normal dan bisa beraktivitas seperti sedia kala. Oleh karena itu rasanya kita perlu merancang perencanaan keuangan pasca pandemi. Melansir dari Kompas.com, CEO Finansialku.com yakni Melvin Mumpuni menjelaskan tips mengenai persiapan keuangan yang perlu dilakukan pasca-pandemi Covid19.

Melvin mengatakan kalau hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan financial check-up. Misalnya dengan cara melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan. Berdasarkan pencatatan tersebut kita bisa memahami kondisi keuangan yang dialami sehat atau tidak. Selain itu kita juga bisa memutuskan langkah perencanaan keuangan seperti apa yang penting dibuat.

Masih di kesempatan yang sama dalam keterangan resminya pada Senin (4/10/2021). Melvin menjelaskan kalau membuat kondisi keuangan yang sehat harus menjadi fokus utama. Pengaturan cash flow yang seimbang dan memahami kebutuhan niscaya membantu kita dalam mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Setelah melakukan financial check-up dengan fokus pada tujuan membuat kondisi keuangan yang sehat, hal yang selanjutnya perlu dilakukan adalah menyisihkan dana darurat dan asuransi. Menurut Melvin kita harus siap menghadapi berbagai risiko kehidupan, seperti pandemi saat ini.



Besaran dana darurat juga disesuaikan dengan status seseorang. Misalnya orang yang melajang besaran dana darurat yaitu 3 kali pengeluaran. Berbeda dengan yang sudah menikah, sebaiknya menyisihkan dana darurat sebesar 6 kali pengeluaran. Sedangkan untuk yang sudah menikah dan memiliki anak perlu menyisihkan dana darurat sebesar 12 kali pengeluaran.

“Setelah itu, hutang konsumtif sebaiknya dilunasi, memiliki asuransi jiwa dan kesehatan yang mencakup perlindungan terhadap penyakit kritis menjadi hal yang cukup krusial untuk melengkapi tingkatan yang disebut Keamanan Keuangan,” lanjut Melvin.

Terakhir Melvin menyarankan, dalam melakukan adaptasi kebiasaan baru setelah pandemi sebaiknya kita enggak hanya mengandalkan satu sumber pemasukan. Kita juga perlu mencari peluang lain untuk mendapatkan penghasilan baru. Tips yang telah dijelaskan kelihatannya sederhana dan mudah untuk dilakukan. Namun, itu semua tidak akan berhasil jika tidak disertai prinsip dan tekad yang kuat.

Penulis : NCP/ Tim Konglomerator.com

Sumber : money.kompas.com/ | republika.co.id/

Gambar : Pixabay

Covid 19 Pandemi UKM Mitra Bisnis Usaha Online Finansial Up Juragan Tajir Melintir