Tips Berbelanja untuk Self-Care Dijamin Anti Kere!

Tips Berbelanja untuk Self-Care Dijamin Anti Kere!

Saat ini semakin banyak masyarakat yang melek dengan isu kesehatan mental. Terlebih di kondisi pandemi yang tak kunjung berakhir berisiko menyebabkan kecemasan, stress, hingga depresi. Oleh sebab itu penting untuk kita melakukan self-care agar kesehatan fisik dan mental terjaga.

Melansir dari Kompas.com, Psikologi Klinis di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia dan Klinik Tiga Generasi, Sri Juwita Kusumawardhani mengatakan self-care penting untuk dilakukan secara rutin dan teratur bukan hanya ketika memiliki waktu luang saja.

“Hal ini dapat mengurangi rasa stress yang ditimbulkan oleh berbagai tanggung jawab sehari-hari. Salah satu cara self-care untuk menimbulkan perasaan bahagia adalah dengan berbelanja,” ujar Sri Juwita Kusumawardhani dalam siaran persnya, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Tapi jangan kita juga harus mengatur bujet agar nantinya tidak malah menambah beban pkiran. Selain itu, manfaatkan promo agar lebih hemat sehingga dapat memberikan kepuasan dan kebahagiaan berlipat. Psikolog yang juga akrab disapa Wita ini menyebutkan 3 tips berbelanja yang dapat dilakukan sebagai bentuk self-care yang baik untuk kesehatan mental.

Belanja di momen berharga

Belanja saat momen berharga memberikan perasaan bahagia yang berbeda dan lebih tahan lama di dalam diri karena dapat diingat kembali di kemudian hari. Apalagi jika momen berharga itu dirayakan bersama orang-orang terkasih. Misalnya dengan melakukan staycation atau makan bersama di restoran yang sudah lama ingin dicoba. Momen-momen tersebut tentunya akan memberikan kebahagiaan dan dampak positif terhadap kesehatan mental. Jangan lupa untuk manfaatkan promo yang ada saat belanja di momen bahagia.

Belanja untuk orang lain

Siapa sangka kalau membelanjakan orang lain juga bisa membawa kebahagiaan. Wita mengatakan kalau berbagi terbukti dapat mengaktivasi area otak yang mengatur sistem reward dan menghasilkan rasa tenang dan senang yang baik untuk kesehatan mental.

“Terdapat tiga hal yang perlu dipenuhi agar berbelanja untuk orang lain dapat berdampak positif kepada diri sendiri, yaitu berbelanja untuk orang yang dianggap dekat, memberikan dampak yang berarti, dan merasa bebas untuk menentukan barang yang ingin diberikan,” ujar Wita.

Belanja menggunakan promo

Kalau kita adalah tipikal orang yang rajin membuat wishlist belanjaan, salah satu cara self-care yang bisa dilakukan adalah dengan membeli barang yang masuk ke dalam daftar tersebut. Apalagi jika berhasil membeli barang incaran dengan promo, tentu bisa menambah tingkat kepuasan bukan?

Self-care juga erat kaitannya dengan memberikan penghargaan kepada diri sendiri, atau sering disebut dengan self-reward, agar lebih termotivasi dan tetap bersemangat,” ucap Wita.

Penulis: NCP/ Tim Konglomerator.com

Sumber: money.kompas.com/ | cerdasbelanja.grid.id

Gambar: Pixabay_wokandapix, Pixabay_gonghuimin468

Entrepreneur_id bisniscom jagoanbisnis tipsinvestasi midset_bisnis motivasi_entrepreneurid