Sri Mulyani Wajibkan Pengusaha Disiplin Pajak dan Lapor SPT Pajak

Sri Mulyani Wajibkan Pengusaha Disiplin Pajak dan Lapor SPT Pajak

Sebagai pengusaha yang berintegritas kita harus disiplin dalam membayar pajak. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga mengimbau pengusaha untuk taat pajak. Sebab pemerintah berusaha memberikan kemudahan dan mengefisienkan aturannya lewat UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP). Melalui UU tersebut pembayaran pajak bakal lebih adil, efisien, sederhana, netral, fleksibel, dan memiliki kepastian hukum.

Sang bendahara negara tersebut mengatakan untuk tidak melupakan pembayaran pajak meski sesibuk apapun pengusaha. Pasalnya, Sri Mulyani menilai bahwa kewajiban pajak bisa dikuasakan kepada siapapun yang ditunjuk.

“Jadi walaupun sibuk terbang ke kiri, kanan, utara, selatan, timur, barat, kewajiban pajak bisa tetap jalan, karena bisa dikuasakan kepada siapapun,” jelas Sri Mulyani. Dirinya melanjutkan, penyederhanaan aturan pajak dilakukan untuk memaksimalkan penerimaan. Saat ini, APBN mengalami deifisit yang cukup dalam akibat pandemi Covid-19.

Mengutip dari Kompas.com hal serupa juga terjadi di seluruh negara. Tidak heran, negara-negara ini saling bekerja sama mengejar pajak dengan bantuan internasional. Salah satu kerja sama yang ditekankan adalah asistensi penagihan pajak secara global. Dengan kerja sama ini, negara lain bisa menagih kewajiban pada rakyatnya yang saat ini berada di nergara lain. Kerja sama tersebut diharapkan dapat menghilangkan tax avoidance.

Masih membahas tentang pajak, Sri Mulyani juga mengajak kepada wajib pajak (WP), terutama WP orang pribadi (OP), untuk segera melakukan pelaporan SPT jika telah tiba waktunya. Menurut beliau lebih cepat pelaporan pajak lebih baik meski batas akhir penyampaian SPT masih lama. Penyampaian lebih cepat diperlukan agar terhindar dari risiko e-filling mengalami gangguan.

Pelaporan SPT pajak bisa dilakukan via online melalui laman www.pajak.go.id agar lebih praktis dan aman. Oleh sebab itu tidak ada alasan untuk menunda ataupun malas membuat pelaporan SPT. Mari menjadi pengusaha yang berintegritas dengan disiplin membuat SPT dan membayar pajak!

Penulis: NCP/ Tim Konglomerator.com

Sumber: https://money.kompas.com

Gambar: Pixabay_stevepb

Entrepreneur_id bisniscom jagoanbisnis tipsinvestasi midset_bisnis motivasi_entrepreneurid