Pertahankan Usaha Saat Inflasi dengan 4 Cara Ini!

Pertahankan Usaha Saat Inflasi dengan 4 Cara Ini!

Inflasi merupakan sesuatu yang wajar terjadi pada perekonomian di negara tertentu. Menurut ilmu ekonomi, inflasi digambarkan sebagai proses kenaikan harga secara umum yang terjadi secara terus-menerus. Kenaikan harga-harga tersebut bisa disebabkan oleh meningkatnya daya konsumsi masyarakat, tidak lancarnya distribusi barang, kelangkaan barang, hingga kelebihan likuiditas di pasar. Atau dengan kata lain, inflasi merupakan kondisi penurunan nilai mata uang.

Bagi para pelaku bisnis, kondisi inflasi menjadi tantangan tersendiri untuk keberlangsungan usaha. Konglomerator.com akan menjelaskan cara mengatasi inflasi untuk bisnis yang lebih baik, dirangkum dari berbagai sumber:

Melakukan efisiensi biaya internal

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi inflasi bagi para pelaku usaha, salah satunya dengan menekan biaya internal. Mengusahakan agar biaya internal dapat berjalan dengan efisien dapat mengurangi beban perusahaan. Beberapa biaya internal yang dapat diatur agar lebih efisien antara lain biaya listrik dan biaya administrasi.

Menekan tiga biaya pokok

Tiga biaya pokok yang dimaksud adalah biaya produksi, biaya operasional, dan biaya pemasaran. Terjadinya inflasi bisa disebabkan oleh satu, dua, atau bahkan ketiga biaya pokok tersebut. Oleh sebab itu ketiga biaya pokok ini harus ditekan seminimal mungkin, yang tidak efektif dan tidak diperlukan sebaiknya dikurangi.

Biaya produksi yang meningkat dapat diakibatkan oleh kenaikan harga bahan baku atau distribusi yang terhambat. Biaya operasional dapat meningkat jika ada kerusakan pada kondisi tertentu atau bagian operasional lainnya. Sementara biaya pemasaran digunakan untuk mengenalkan dan memasarkan produk ke masyarakat.

Kenaikan satu, dua, atau ketiga biaya pokok ini dapat memicu terjadinya kenaikan harga barang yang diproduksi. Oleh karenanya agar kondisi tersebut tidak terjadi, ketiga biaya tersebut harus diatur secara efektif. Bila perlu kurangi beban-beban biaya yang tidak diperlukan pada tiga biaya pokok tersebut.


Melakukan inovasi dan memperkaya variasi

Cara lainnya yang dapat dilakukan pengusaha dalam menghadapi inflasi adalah dengan berkreasi melakukan inovasi dan variasi baru. Adanya inovasi dan variasi baru pilihan produk yang ada di masyarakat menjadi meningkat. Banyaknya pilihan membuat masyarakat tidak lagi memburu satu produk yang sama.

Inovasi dan variasi bisa juga menjadi jawaban dalam mengatasi inflasi akibat kenaikan harga bahan baku. Ketika harga bahan baku meningkat, harus dilakukan efisiensi biaya agar menyesuaikan dengan barang produksi. Penyesuaian tersebut bisa berupa inovasi, variasi, bahkan produk baru sehingga kenaikan harga bahan baku tidak memengaruhi harga jual produk.

Menaikkan harga

Meski inflasi berkaitan dengan kenaikan harga, ternyata menaikkan harga justru jadi salah satu cara mengatasi inflasi bagi perusahaan. Langkah ini menjadi opsi terakhir jika kondisi lainnya tidak mungkin digunakan lagi.

Kenaikan harga pada suatu barang akan menahan daya beli masyarakat dan peredaran uang yang ada di masyarakat. Daya beli yang tertahan akibat kenaikan harga bisa menurunkan peredaran uang di masyarakat. Sehingga inflasi dapat segera ditekan. Cara ini juga bisa digunakan bagi perusahaan agar tetap bertahan.

Penulis: NCP/ Tim Konglomerator.com

Sumber: https://accurate.id https://www.jurnal.id/id

Gambar: Pixabay

Entrepreneur_id bisniscom jagoanbisnis tipsinvestasi midset_bisnis motivasi_entrepreneurid ekspor.id eksportirorg