Ingin Resign? Inilah 7 Hal yang Perlu Dijadikan Pertimbangan!

Ingin Resign? Inilah 7 Hal yang Perlu Dijadikan Pertimbangan!

Resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan yang dijalani saat ini untuk memulai bisnis sendiri adalah suatu langkah besar dan tentunya banyak risiko. Keputusan untuk mengundurkan diripun harus berdasarkan pertimbangan yang matang, terlebih di situasi yang serba terbatas dan tidak menentu akibat pandemi Covid-19.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kita untuk resign dari suatu pekerjaan, yakni faktor internal hingga eksternal. Misalnya jenuh, merasa kurang kompeten dengan kemampuan atau latar belakang pendidikan, hingga gaji yang tidak sesuai. Sedangkan untuk faktor lingkungan atau dari luar seperti konflik internal dengan atasan atau teman sekantor, menikah, atau larangan dari pihak lain.

Meski begitu, tetap ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum resign. Melansir dari laman media sosial Kementerian Ketenagakerjaan (@kemnaker) via idxchannel.com karyawan harus memperhitungkan kondisi keuangan yang sehat. Pastikan tabungan dan dana darurat aman minimal hingga enam bulan ke depan.

“Tak hanya itu, karyawan juga perlu memastikan sudah mencari pekerjaan baru 1-2 bulan sebelumnya. Sebab, proses rekrutmen bisa memakan waktu yang lama,” tulis catatan tersebut yang dikutip pada Rabu (25/8/2021). Kemudian sebelum kita memulai bekerja di perusahaan yang baru, sebaiknya pastikan apakah posisi yang dilamar memiliki jenjang karir yang cukup baik atau justru sebaliknya.

Sedangkan melansir dari Forbes via Bisnis.com pada Jumat (30/7/2021) terdapat 5 hal yang patut menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan, yakni:

  • Pastikan Sudah Tidak Ada Pilihan Internal

Misalnya jika kita menikmati pekerjaan saat ini namun memiliki keinginan untuk bekerja jarak jauh, negosiasikan dulu pengaturan kerja dengan atasan. Supaya hal tersebut diizinkan, tunjukkan produktivitas yang telah dihasilkan kepada atasan.

  • Buat Deskripsi Pekerjaan Ideal

Sebelum mencari pekerjaan baru, sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk memikirkan secara matang terkait apa yang ingin dilakukan selanjutnya. Pencarian pekerjaan yang strategis dan sukses selalu dimulai dengan tujuan akhir dalam pekerjaan. Buatlah sebuah deskripsi pekerjaan yang menurut kita ideal untuk diri sendiri. Setelah itu perbaharui CV dan portofolio dan cari pekerjaan yang sesuai dengan visi yang telah disusun.

  • Dokumentasikan Pencapaian Kita

Ketika kita berhasil meraih sebuah pencapaian tertentu selama berada di perusahaan, jangan lupa untuk didokumentasikan. Dokumentasi tersebut bisa menjadi bukti bahwa kita adalah orang yang kompeten dalam bidangnya. Jadi, pastikan untuk melacak kesuksesan kita selama bekerja.

  • Minta Rekomendasi

Rekomendasi adalah bagian penting saat mencari pekerjaan. Mintalah rekomendasi kepada seseorang yang memahami pekerjaan kita supaya lebih kredibel.

  • Tinggalkan Perusahaan dengan Baik

Berilah pemberitahuan minimal dua minggu sebelum pengunduran diri. Namun akan lebih baik jika kita telah merencanakan untuk pergi lebih awal. Hal tersebut dilakukan untuk memberi waktu dan memutuskan bagaimana kita ingin resign.


Penulis: NCP/ Tim Konglomerator.com

Sumber: https://lifestyle.bisnis.com/ | https://www.idxchannel.com

Gambar: Pixabay/ Andibreit Pixabay/ Myriams-Foto

Loker_id Career_id rekruitment_id Info_loker