Jenis Pembukuan yang Harus Dilakukan Supaya Tajir Me Setelah mencatat pengeluaran kita juga perlu membuaut buku kas pemaslintir!

Jenis Pembukuan yang Harus Dilakukan Supaya Tajir Me Setelah mencatat pengeluaran kita juga perlu membuaut buku kas pemaslintir!

Pengusaha sukses bukan hanya mereka yang berhasil melariskan produknya, tetapi juga yang handal dalam membuat pembukuan. Membuat pembukuan wajib hukumnya jika Anda ingin jadi tajir melintir.

Ada banyak manfaat penting yang didapat dari pembukuan, salah satunya adalah memudahkan kita untuk mengaudit kondisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu. Pada artikel lainnya Konglomerator.com telah membahas lebih jauh seputar manfaat pembukuan.

Sesuai dengan visi Konglomerator.com yakni ‘Help Anybody’ kita mau kasih tau beberapa contoh pembukuan sederhana yang bisa calon konglo buat. Mau usaha makin cuan? Ayok bikin beberapa pembukuan sederhana di bawah ini:

  • Buku Catatan Pengeluaran

Awal membuka usaha kita perlu membuat buku khusus untuk mencatat pengeluaran. Segala jenis pengeluaran seperti operasional, bahan baku, sampai gaji karyawan bisa kita catat secara kontinyu dan jelas.

  • Buku Catatan Pemasukan

Setelah mencatat pengeluaran kita juga perlu membuaut buku kas pemasukan. Nah buku yang ini dipakai untuk mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan pemasukan perusahaan seperti jumlah penjualan prosuk per hari atau piutang yang sudah dibayarkan. Dari hasil pencatatan pada buku kas pemasukan kita jadi tahu jumlah keuntungan dalam sehari.


  • Buku Kas Utama

Buku kas utama dibuat untuk menggabungkan antara transaksi buku kas pemasukan dan pengeluaran. Penggabungan ini dilakukan supaya kita tahu dengan jelas keuntungan atau kerugian yang didapat perusahaan. Dari pencatatan yang ada kita bisa menentukan perencanaan serta strategi perusahaan.

  • Buku Stok Barang

Enggak cuma uang, jumlah barang yang masuk dan keluar juga harus dicatat secara kontinyu setiap harinya. Buku stok barang akan memudahkan kita memantau persediaan barang dalam perusahaan dan membantu menyusun manajemen gudang lebih optimal.

  • Buku Inventaris Barang

Buku inventaris barang juga perlu dicatat dalam pembukuan sederhana. Semua barang yang diurus dan perlu dibeli harus dicatat. Termasuk barang yang dibeli dari anggaran belanja atau dana hibah. Salah satu manfaatnya agar barang enggak mudah hilang dan bisa dipertanggungjawabkan.

  • Buku Laba Rugi

Buku ini digunakan untuk mencatat pendapatan serta beban perusahaan dalam periode waktu tertentu. Pencatatan bikin kita tahu kondisi keuangan perusahaan sedang profit atau justru merugi. Selain itu buku laba rugi juga bisa dijadikan bahan evaluasi strategi yang akan diterapkan pada periode mendatang.

  • Laporan Perubahan Ekuitas

Ekuitas adalah modal yang dimiliki sebuah perusahaan, termasuk UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Ekuitas adalah hasil selisih antara jumlah aset yang telah dikurangi dengan kewajiban. Laporan ini dibuat dalam sebuah periode tertentu.

  • Membuat Neraca Keuangan

Kita bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan pada periode tertentu dengan membuat neraca keuangan. Neraca mempunyai beberapa unsur yang meliputi harta, kewajiban, serta modal. Kewajiban sendiri meliputi utang jangka panjang danutang lancar. Modal adalah selisih antara harta yang sudah dikurangi dengan utang.

Penulis : NCP/ Tim Konglomerator.com

Sumber : Jurnal.id | Accurate.id

Gambar : freepik.com.

dompetpintar Overheardkeuangan ojkindonesia finansial_id mommenkeu uangbijak.id inventasi ngobrolbisnis ngobroljualan